Thursday, February 12, 2015

Desain Tata Letak Sofa Ruang Tamu yang Ideal

Ruang tamu adalah salah satu ruangan didalam rumah yang memiliki fungsi yang cukup penting, salah satunya adalah keberadaan sofa ruang tamu. Ada kalanya Anda perlu meluangkan waktu untuk mendesain ruang tamu Anda supaya tamu bisa betah dirumah Anda. Salah satu tantangannya adalah menghias sofa supaya bisa tertata rapi dan menjadi salah satu elemen penting didalam ruang tamu Anda. Ada banyak contoh desain sofa yang bisa Anda sontek untuk dijadikan sebagai model diruang tamu Anda, walaupun pada kenyataannya tidak mudah untuk menyesuaikan contoh desain yang ada dengan kenyataan yang ada di lapangan.

Sofa Ruang Tamu

Sofa Ruang Tamu Minimalis

Aspek pendukung pada sofa

Kadangkala Anda perlu memerhatikan beberapa aspek pendukung untuk mendesain sofa seperti seberapa luasnyakah ruang tamu yang dimiliki, apakah sofa ruang tamu yang Anda miliki senada dengan warna pada dinding ruang tamu, dan apakah sofa yang Anda miliki sudah sesuai dengan nuansa furnitur lain yang sudah terlebih dahulu ada atau belum. Sofa yang Anda miliki haruslah menyatu dan senada dengan perabotan dan furnitur lain sehingga ruang tamu yang Anda miliki adalah ruangan yang nyaman dan juga enak dilihat.

Menggabungkan ruang tamu dengan ruang lain

Setiap rumah memiliki ruang tamu yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda. Hal utama yang menyebabkannya tentu saja karena luasnya ruang tamu ditentukan oleh seberapa luas rumah yang Anda miliki, bahkan untuk Anda yang memiliki rumah yang terlampau kecil, Anda malah cenderung melupakan ruang tamu dan memilih meniadakannya (menerima tamu ala kadarnya). Namun ada kalanya jika ruang tamu digabungkan dengan ruangan lain yang ada dirumah seperti ruang keluarga misalnya. Jika Anda sedang menerima tamu yang cukup dekat, maka Anda bisa langsung menjamunya di ruang keluarga dan bagi yang belum dikenal baik bisa di teras rumah. Solusi ini bisa diterapkan dan cukup efektif bagi Anda yang memilki rumah berukuran kecil tanpa adanya sofa ruang tamu.   
        

Mengatur jumlah sofa        

Untuk Anda yang memiliki ruang tamu kecil, tambahkan saja satu buah sofa yang memiliki dua dudukan, satu sofa satu dudukan, dan meja kecil. Bila masih cukup, tambahkan pula furnitur lain seperti meja sudut, vas bunga, dan buku bacaan. Untuk Anda yang memiliki ruang tamu besar, penataan akan lebih leluasa seperti sofa dengan ukuran satu,dua, atau bahkan tiga dudukan. Perhatikan pula tata letak satu sama lain supaya tidak mengganggu lalu lintas antar ruangan.